Aksi Bela Islam, Agar Perhatikan ini Dulu!

TopikIslam.com – Aksi bela islam yang begitu marak belakangan ini membikin bulu kuduk merinding di buatnya, melihat begitu antusiasnya umat islam membela agamanya.
Saking bersemangatnya banyak umat islam yang rela merogoh kocek hanya untuk ikut demo di jakarta menutut ahok segera di tahan.

Mungkin besaran nilai uang bukan berarti apa-apa dan bukan jadi penghalang bagi peserta demo, yang penting kepuasan batinya bisa terpenuhi, itu ucapan dari salah satu peserta demo 212 nanti.
Memang dalam segala permasalahan selalu saja ada yang di untungkan dan ada yang di rugikan, itulah kenyataan yang ada sesuai dengan alurnya.

aksi bela islam

Tapi perlu saya ingatkan bagi seluruh pesrta yang mau mengikuti demo ke jakarta, agar supaya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Persyaratan Bela Islam

1. Anak dan istri di rumah yang di tinggalkan supaya juga diperhatikan nafkahnya, jangan sampai bapaknya demo anak istri di rumah bermasalah atau di terlantarkan.

2. Istrinya bagi yang belum punya anak agar juga di perhatikan keselamatnya, jangan sampai suaminya ikut demo istri yang di rumah ada yang naksir.

3. Rumah yang akan di tinggalkan supaya juga di jaga keamananya jangan sampai ada pencuri masuk, ketika orangnya pada demo di jakarta.

4. Perbekalan atau duit transportasi sekiranya harus cukup untuk pulang pergi, jangan sampai yang dari daerah berangkat demo ke jakarta nggak mau pulang, repot tuh jadinya.

5. Yang berangkatnya suami istri harus juga memperhatikan keselamatnya agar bisa pulang balik kerumah lagi.

6. Yang meninggalkan anak-anak juga harus di perhatikan keselamatanya, apalagi anak gadis atau anak yang masih sekolah, karena rawan penculikan.

7. Bagi perempuan yang masih lajang atau sudah bersuami jangan ikut demo ke jakarta sendirian melainkan harus ada yang menemani masih muhrim, karena haram hukumnya perempuan keluar rumah sendirian.

8. Bagi yang masih mempunyai anak balita di sarankan jangan ikut demo, karena kasihan anaknya.

9. Bagi yang uangnya cekak atau pas-pasan mending jangan ikut demo dan uangnya buat beli beras saja.

Baca Juga: Hukum Shalat Jum’at di Jalan


Dan mungkin masih banyak yang perlu di perhatikan bagi peserta sebelum berangkat demo yang selain di atas itu, agar menjadi perhatian utama.

Nah, itulah teman-temanku semua, hal-hal yang harus di perhatikan sebelum berangkat demo, supaya apa yang di niatkan ibadah karena Allah bisa benar-benar tercapai dengan sebaik-baiknya.

Demo ini mungkin bagi sebagian peserta dianggapnya adalah ibadah atau jihad berjuang di jalan Allah untuk menegakan islam.

Tapi hendaklah kawanku semua walaupun ini adalah ibadah janganlah menjadikanya anda menjadi susah, karena agama islam adalah bukan untuk menyusahkan.

Sesuai dengan firman Allah sebagai berikut :

Artinya :
“Thaha,kami tidak menurunkanAl-qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah”.(S.Thaha,20:1-2).

Dan sebaliknya dengan agama islam Allah menghendaki kemudahan bagi umat manusia.
Sesuai dengan firman Allah sebagai berikut :

Artinya :
“Allah menghendaki kemudahan bagi kamu sekalian dan tidak menghendaki kesukaran bagi kamu sekalian”. (Al-Baqarah, 2 : 185).

Alangkah baiknya kalau segala sesuatu itu di sikapi dengan cara tidak berlebihan atau di paksakan, karena setiap yang berlebihan dan dipaksakan itu pasti tidak baik.

Bahkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dari Ibnu Mas’ud, sesuatu yang keterlaluan dan berlebihan itu maka akan binasa.

Artinya :
Rasulullah bersbda : “Binasalah orang-orang yang keterlaluan dan berlebihan” beliau mengulanginya tiga kali.

Hadist di atas Itu berlaku pada siapa saja, baik muslim maupun non muslim.

Ketika kita semua menghadapi masalah penista agama dengan bersahaja, maka Allah akan memenangkan kita, insyaallah!

Ini juga berdasarkan hadist Nabi :

Artinya :
Dari Abu Hurairah ra. Dari Nabi saw. Beliau bersabda : “sesungguhnya agama itu mudah. Dan siapa saja yang mempersulit agama maka ia akan kalah. Oleh karena itu, sedang-sedanglah kamu sekalian, berdekat-dekatlah dan bersuka hatilah kamu serta pergunakanlah waktu pagi, sore dan sedikit waktu malam”. (R. Bukhari).

Dan kawanku semua, harap jangan lupa bahwa ada sebagian manusia mempunyai sisi negatif yang tidak bisa hilang begitu saja, di antaranya ialah manusia mempunyai sifat senang ketika orang lain terkena musibah dan sebaliknya sifat tidak senang apabila orang lain mendapat nikmat, inilah yang di sebut sifat iri, dengki, syirik, hasud, dll.

Apalagi dalam permaslahan penistaan agama sangatlah sensitif, jadi jangan terlalu bersemangat sehingga lupa yang ada di sekitar kita, karena indonesia adalah negara kesatuan dari suku ras agama, dan islam adalah bukan satu-satunya agama di indonesia, melainkan pasti di sekitar anda juga mungkin ada non muslim, maka saling hormat menghormati itu lebih baik.

Semoga artikel ini ada manfaatnya amin ya rabal’alamin.

Aksi Bela Islam, Agar Perhatikan ini Dulu! | Topik Islam | 4.5

Leave a Reply