Heboh ! Gaya Wudlu Masa kini

wudhu

Topikislam.com – air adalah alat atau prasarana satu-satunya untuk berwudlu, dengan berkurangnya sumber air yang di akibatkan oleh adanya pemanasan global otomatis air menjadi kian langka, lantas antisipasi apa yang harus di lakukan ? temukan jawabanya di sini.

Stok air semakin menipis

Bersuci bagi orang yang mau menunaikan shalat adalah wajib, setiap hari pada umumnya lima kali shalat dan lima kali juga berwudhu, dan berapa juta yang menunaikan shalat dikalikan lima, wow.. ini merupakan jumlah yang sangat fantastis, tapi yang menjadi permasalahan besar adalah berapa kubik air yang di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan wudlu ? ini baru hitungan sederhana saja bro…
Setelah di perhatikan semakinkesini kayaknya stok air juga semakin berkurang, apakah anda juga merasakan hal yang sama ? iya bro.. ditempat kami juga, yang tadinya air sangat melimpah sekarang kekeringan.

Air laut sah untuk bersuci

Waduh.. gimana bro.. solusinya, untuk menghadapi krisis air ? lalu gimana juga nantinya masalah wudlu ? bisa hilang dong bab wudlu ? masa harus tayamum selamanya ? nggak gitu kalee bro…
Ingain tahu gaya wudlu’ terbaru ? Kan masih ada air laut, bisa juga lho.. wudlu pakai air laut, wah… ide bagus tuh bro… gimana kalau kita mulai sekarang wudlunya pakai air laut ? air laut lengket tahu.. !.

Ya udah kalau nggak mau lengket wudlu pakai air laut, gimana kalau wudlu, airnya jangan banyak-banyak  alias ngirit saja, gunakan air secukupnya, itu bagus lho.. bisa dapat dua pahala, pahala wudlu dan pahala ngirit air. Oke nggak bro.. ?

Air gratis pakai seenaknya

Soalnya kadang-kadang ada juga orang berwudlu di tempat wudlu masjid, mentang-mentang tidak pakai bayar, pakai air seenaknya sendiri dan di buang-buang  begitu saja, sayangkan kalau begitu..!
Iya bro… setuju !

Air yang kita gunakan adalah titipan Allah agar bisa di pergunakan dengan sebaik-baiknya, jangan berlebih-lebihan apalagi di buang-buang, hemat adalah perintah Allah juga yang harus kita jalankan.

Air wudlu’ tidak pakai di kucurkan
 
Berwudlu memang memerlukan air, tapi syarat dari wudlu tersebut sah juga lho.. cuman hanya mengusapkan asal sampai basah (tidak mesti airnya di kucurkan) mungkin dengan gaya bersuci terkini seperti itu dapat mengurangi krisis air.

Bro jadi penasaran nih… sebetulnya gaya wudlu yang benar seperti apa sih ? oh.. ingin tahu tata cara berwudlu.. yuk kita ikuti terus artikel ini.

Kalau wudlu yang biasa memang banyak yang sudah pada posting lengkap dengan gambarnya, namun kali ini saya akan memberikan model  wudlu era baru yang di sesuaikan dengan kondisi pada saat ini yaitu kondisi krisis air. Seperti apakah itu ?

Arti wudlu’ yang sesungguhnya

Sebelumnya alangkah baiknya para pembaca semua mengerti apa sih arti wudlu yang sebenarnya ? yaitu wudlu menurut loghat yang berarti bersih dan indah, menurut syara’ berarti membersihkan anggauta-anggauta wudlu untuk menghilangkan hadast kecil.

Wudlu adalah suatu syarat untuk sahnya shalat yang dikerjakan sebelum seseorang mengerjakan shalat. Perintah wajib ini sebagaiman firman Allah sebagai berikut :

Bismillahirahmanirahim
Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu akan mengerjakan shalat, basuhlah mukamu dan kedua tanganmu hingga kedua siku, sapulah kepalamu kemudian basuhlah kedua kakimu hingga kedua mata kaki”. (Q.S. Al-Maidah, Ayat 6)
Maha benar Allah dengan segala firmanya.

Sebagai muslim yang ta’at sudah pasti meyakini bahwa sebelum shalat harus mengerjakan wudlu’ terlebih dahulu, dan barangsiapa yang mengingkari berarti mereka adalah termasuk orang-orang yang sesat.

Mengerjakan wudlu’ sebaiknya anda juga harus mengetahui syarat-syarat yang menjadikan sahnya wudlu, dan apabila tidak memenuh syarat yang akan saya sebutkan di bawah ini, maka wudlunya tidak sah , lantas apa saja sih, syarat-syaratnya ? yuk kita lihat …

Syarat-syarat sahnya wudlu

Wudlu baru dikatakan sah, jika memenuhi syarat di bawah ini !

Yang pertama adalah orang tersebut harus Islam, islam adalah agama yang mempercayai bahwa tuhan itu satu, tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.Orang yang tidak beragama islam tidak sah wudlu. Ya iyalah bro.. orang bukan islam berwudlu’ emangnya untuk apa ?

Yang kedua adalah Mumayyiz, artinya orang yang sudah dapat membedakan antara baik dan buruk dari pekerjaan yang dikerjakanya.

Yang ketiga adalah wudlu’ menggunakan Air suci dan mensucikan untuk mengangkat hadast,untuk keterangan lebih lanjut tentang air suci mensucikan ? silakan anda baca topik islam judul Ini ! yang wajib di ketahui orang islam, Thaharah.

Yang keempat adalah tidak ada sesuatu anggauta wdlu’ itu, yang dapat merubah air yang digunakan untuk berwudlu’. Contohnya ketika anda berwudlu’ tangan anda ada benda yang menepel di bagian anggauta wudlu’ yang nantinya apa bila kena siraman air benda tersebut luntur atau merubah air. Dan sebaiknya sebelum wudlu’ harap bersihkan dulu benda itu.

Yang kelima adalah Tidak ada sesuatu benda yang dapat menghalangi sampainya air wudlu’ pada anggauta wudlu’. Seperti ada cat dan lain sebagainya yang menempel pada anggauta wudlu’, itu termasuk yang menghalangi anggauta wudlu’.

Yang keenam adalah ketika ada orang yang selalu berhadast, misalnya orang itu selalu kentut atau kencing, maka di anjurkan wudlu’ harus dilkukan sesudah masuk shalat.

Setelah anda tahu tentang syrat-syaratnya wudlu’, itu belum cukup apabila anda tidak mengetahui fardunya wudlu’ lantas apa saja yang menjadi fardunya wudlu’ ? yuk kita ikuti terus artikel ini..

Fardlu-fardlunya wudlu’

  1. Niat wudlu’ , hendaklah berniat menghilangkan hadast kecil, dan cara melakukanya tepat pada waktu membasuh muka.
  2. Membasuh muka , yakni mulai dari tempat tumbuh rambut kepala dan ujung dagu sampai antar dua telinga.
  3. Membasuh dua belah tangan sampai siku.
  4. Menyapu sabagian dari rambut kepala.
  5. Membasuh dua belah kaki sampai kedua mata kaki.
  6. Tertib , artinya menurut urutan dari nomor satu sampai nomer lima.

Supaya wudlu’ anda menjadi sempurna maka anda juga harus tahu sunat-sunatnya wudlu, nih .. sunat adalah yang apabila di kerjakan mendapat pahala dan apabila di tinggalkan tidak berdosa dan tetap sah wudlu’nya.

Sunat-sunat wudlu’

Lebih afdhal anda mengerjakan semua sunat ini : 

  • Membaca bismillahirahmanirahim sebelum melakukan wudlu’ (dikerjakan pada permulaan wudlu’)
  • Membasuh telapak tangan sampai pergelangan tangan.
  • Berkumur-kumur dan membersihkan lubang hidung.
  • Membasuh seluruh kepala.
  • Mengusap dua buah telinga bagian luar dan dalam.
  • Mendahulukan anggauta wudlu’ yang kanan dari pada yang kiri.
  • Menyela-nyela jari tangan dan kaki.
  • Menigakalikan pada tiap-tiap membasuh anggauta wudlu’ dan berkumur.
  • Berurutan artinya tidak lama selang waktunya dalam menerjakan anggauta yang satu dengan yang lainya.
  • Tidak boleh berkata-kata ketika mengerjakan wudlu’.
  • Bersiwak (menggosok gigi).
  • Membaca do’a setelah selesai mengerjakan wudlu’.

Do’anya sebagai berikut :
“aku bersaksi tiada tuhan melainkan Allah yang tunggal, tiada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah hambanya, dan pesuruhnya, jadikanlah saya dari golongan ahli taubat dan jadikanlah saya orang suci dan jadikanlah saya termasuk dari golongan hambamu yang shaleh (baik-baik).

Nah setelah anda faham dan mengerti semua,berarti anda telah suci dan boleh melakukan shalat atau lain-lainya. Namun wudlu’ anda bisa batal karena sebab di bawah ini..

Yang membatalkan wudlu’

  •  Keluar sesuatu dari qubul dan dubur meskipun hanya angin. Sesuai dengan firman Allah sebagai berikut :

Bismillahirahmanirahim
Artinya :
“atau datang seorang di antar kamu dari kakus”.(Q.S. An-Nisa’, ayat 43)
Maha benar Allah dengan segala firmanya.

Dengan keterangan ayat tersebut, jelas bagi orang yang datang dari kakus kalau tidak ada air hendaklah ia bertayammum, berarti buang air itu membatalkan wudlu’
Dalam hadist yang lain dinyatakan oleh Rasulullah sebagai berikut :

Bismillahirahmanirahim
Artinya :
“Allah tidak menerima shalat diantara kamu jika berhadast, sehingga lebih dahulu berwudlu” (H.R. Bukhari dan Muslim).

  • Hilang akal karena gila, pingsan, mabuk dan tidur nyenyak. Sabda Nabi Muhammad sebagi berikut :

Bismillahirahmaniraim
Artinya :
Dari Mu’awiyah berkata : bahwasanya Rasulullah telah bersabda : “mata itu pengikat dubur, maka apabila telah tidur dua mata, terlepaslah pengikat itu” (H.R. Ahmad dan Thabrani)

Dan ia menambahkan hadist itu : “barang siapa tidur, hendaklah ia berwudlu”

  • Bersentuh kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya dan tidak memakai tutup.

Firman Allah sebagai berikut :

Bismillahirahmanirahim
Artinya :
“…….atau bersentuhan dengan perempuan yang bukan muhrim”. (Q.S. An-Nisa ayat 43).
Maha benar Allah dengan segala firmanya.

  • Tersentuh kemaluan (qubul dan dubur) dengan tpak tangan atau jari yang idak memakai tutup.

sesuai dengan hadist sebagai berikut :

Bismillahirahmanirahim
Artinya :
Dari busrah binti shafwan ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda : “barangsiapa yang menyentuh kemaluanya hendaklah ia berwudlu”. (H.R. Lima ahli hadist).

Yang dimaksud menyentuh kemaluan (farji), baik kemaluanya sendiri maupun orang lain, laki-laki maupunperempuan, anak-anak maupun orang tua, dubur maupun qubul, semua itu dinyatakan dapat membatalkan wudlu’ .

Yang dimaksud tapak tangan atau jari, termasuk juga tapak jari, yaitu sekalian yang bertemu apabila di hadapkanya kedua telapak tanganya, maka itulah yang di sebut tapak tangan. Maka tidak batal seorang menyentuh kemaluan dengan kulit belakang jarinya.

Itulah beberapa hal tentang wudlu’ yang perlu kamu tahu, agar tidak ada keraguan lagi dan semoga amal ibadahnya di terima oleh Allah subhanahu wata’ala amin.

Baca Artikel Seputar Islam Menarik Lainnya :

Dan semoga artikel yang berjudul, Heboh ! Gaya Wudlu Masa kini bermanfaat dan berguna.

Heboh ! Gaya Wudlu Masa kini | Topik Islam | 4.5

Leave a Reply