Ini 7 Kriteria Pemimpin Yang Baik Menurut Islam

TopikIslam.com – Pilkada secara langsung yang akan di gelar pada tahun ini adalah suatu moment yang paling tepat untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh warga indnesia.

Karena maju mundurnya daerah yang paling menentukan adalah pemimpin, ketika pemimpin itu baik, pintar, amanat maka kehidupan masyarakat juga akan baik.

Dengan banyaknya calon pemimpin yang ikut bagian dari pilkada, maka semakin banyak pilihan yang harus di pilih, agar tidak salah dalam memilih pemimpin maka anda harus tahu bagaimana sih pemimpin yang tepat untuk daerah kamu.

Dan pada pilkada tahun ini adalah merupakan tahun tebar janji, tebar pesona, tebar duit, tebar senyum, dan semua tebar pasti akan di lakoni oleh setiap calon pasangan kepala dan wakilnya, untuk meyakinkan massa, intinya bagaimana caranya agar masyarakat simpati dan percaya dan sudah pasti memilihnya.

Semua slogan ide dan promosi terus digaungkan agar bisa mendulang suara sebanyak-banyaknya di pemilihan nanti.

Namun tahukah anda, apabila janji itu tinggal janji dan tidak di tepati maka yang paling merasakan dampaknya adalah masyarakat kecil.

Untuk itu agar anda tidak tertipu oleh slogan-slogan yang palsu, maka teliti dulu sebelum memilih yang yakin seyakin yakinya.

Dan apabila anda susah atau tidak mengerti kriteria pemimpin yang baik seperti apa, insyaallah pada kesempatan kali ini saya akan mengungkap fakta pengalaman pemimpin yang paling ngetop pada saat ini. Ingin tahu ? yuk ikuti terus artikel ini.

Secara umum pemimpin itu harus merakyat dan arip bijaksana, tegas, bisa melindungi rakyatnya dan lain sebagainya.

Banyak pemimpin yang ngetop dewasa ini karena memang dia merakyat mau terjun ke masyarakat, contohnya bapak presiden kita saat ini, beliau ngetop karena sering blusukan, dengan blusukan otomatis rakyat jadi semakin tahu, seperti apa pemimpinya.

Dan sebaliknya apabila ada pemimpin yang malas, maunya di layani, duduk manis, terima laporan, terima duit, order dan seterusnya, maka pemipin yang seperti itu jangan di pilih.

Adapun pemimpin yang baik menurut islam ada 7 kriteria yang harus di miliki oleh pemimpin itu, yaitu Lunak, Kasih sayang, Memberi nasihat, Tidak Menipu, Tidak Bersikap Keras, Berbuat untuk kemaslahatan Rakyat dan Memperhatikan kepentingan rakyat.

kriteria pemimpin

Berikut 7 Kriteria Pemimpin Yang Baik Menurut Islam

1. Lunak tidak keras dalam memimpin
Lunak terhadap rakyatnya adalah salah satu ciri pemimpin yang baik menurut islam sebagaimana firman Allah.

Artinya :
“Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mukmin yang mengikuti kamu”. (Asy-Syu’ara, 26 : 215).

2. Kasih sayang
Kasih sayang terhadap rakyatnya juga salah satu ciri pemimpin yang baik menurut islam.

3. Memberi nasihat
Selalu memberiakan nasihat yang baik kepada rakyatnya adalah salah satu pemimpin yang bagus menurut islam sesuai dengan sabda Nabi.

Artinya :
“Tidak ada seorang penguasa yang menguasai urusan-urusan umat islam kemudian ia tidak memperhatikan dan tidak memberi nasihat kepada mereka melainkan ia tidak akan masuk syurga bersama-sama dengan mereka” (R.Muslim).

4. Tidak menipu
Seorang pemimpin yang tidak menipu dan membohongi rakyatnya adalah salah satu ciri pemimpin yang di butuhkan menurut islam.

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw.

Artinya :
Dari Abu Ya’la Ma’qil bin Yasar ra. Berkata : “saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “tiada seorang hamba yang diberikan kepercayaan oleh Allah untuk memimpin rakyat kemudian ketika ia mati masih menipu rakyatnya melainkan Allah mengharamkan surga baginya” (R.Bukhari dan Muslim).

5. Tidak bersikap keras

Pemipin yang baik adalah tidak bersikap keras dan sewenang-wenang terhadap rakyatnya.
Sesuai dengan hadist Nabi saw.

Artinya :
Dari Aidz bin Amr ra. Bahwsanya ia masuk ke rumah ‘Ubaidullah bin Ziyad dan berkata : “Wahai anaku sesungguhnya saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “sesungguhnya pemimpin yang paling jahat adalah pemimpin yang lalim, maka jangan sampai kamu termasuk golongn mereka”.(HR.Bukhari dan Muslim).

6. Berbuat untuk kemaslahatan
Kemaslahatan adalah hak setiap rakyat yang harus di perhatikan oleh para pemimpin setelah Nabi wajib hukumnya.

Sebagaimana hadist Nabi :

Artinya :
Dari Abu Hurairah ra. Berkata : Rasulullah saw. Bersabda : “dahulu bani israil selalu di bimbing oleh Nabi, setiap kali seorang Nabi wafat maka di gantikan oleh Nabi yag lain, dan bahwasanya tidak akan ada Nabi sesudah aku, yang akan ada setelah aku nanti adalah para khalifah, bahkan akan sangat banyak”. Para sahabt bertanya : “apakah yang tuan perintahkan untuk kami ?” beliau bersabda : “tepatilah bai’atmu yang pertama ini kemudian berikanlah kepada mereka apa yang menjadi haknya, dan bermohonlah kepada Allah agar apa yang menjadi hakmu terpenuhi karena sesungguhnya Allah akan meminta pertanggungjawaban kepada mereka tentang bagaimana cara mereka memimpin umat”. (Riwayat Bukhari Muslim).

7. Memperhatikan kepentingan rakyat
Terutama hak rakyat dalam hal kebutuhan sehari-hari, harus menjadi prioritas bagi para pemimpin
Sebagai mana sabda Nabi :

Artinya :
Dari Abu Maryam Al-Azdy ra. Bhwasanya ia berkata kepada Mu’awiyah ra. “saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “barangsiapa yang di beri kekuasaan oleh Allah untuk mengurusi sesuatu dari urusan umat islam kemudian ia tidak memperhatikan kepentingan, kedukaan dan kemiskinan mereka, maka Allah tidak akan memperhatikan, kedukaan dan kemiskinanya nanti pada hari kiamat”. Kemudian Mu’awiyah mengangkat seseorang untuk mengurusi segala kepentingan manusia”. (R. Abu Daud dan At-Tirmidzi).

Apakah kriteria di atas tersebut sudah ada pada diri masing-masing calon yang akan anda pilih ?
Sebelum memilih alangkah baiknya periksa terlebihdahulu agar tidak kecewa di kemudian hari.

Baca Juga: Ingin Menang Pemilihan Kepala Daerah, Ini Caranya!

Demikian artikel tentang 7 kriteria pemimpin yang baik menurut islam semoga ada manfaatnya amin ya rabal’alamin.

Ini 7 Kriteria Pemimpin Yang Baik Menurut Islam | Topik Islam | 4.5

Leave a Reply