Ini Model Baju Dan Ukuran Celana Panjang Menurut Islam

TopikIslam.com – Bagi kaum hawa aturan berpakaian menurut islam adalah menutupi seluruh anggauta aurat tubuh, tapi lain lagi bagi kaum laki-laki di samping berpakaian menutupi aurat juga ada ketentuan-ketentuan ukuran terutama pada ukuran panjang lengan baju dan ukuran panjang kain celana.

Lantas aturan yang seperti apakah dalam islam mengenai baju dan celana yang terbaik berdasarkan sunah Nabi saw. Ingin tahu ? yuk ikuti terus.

Memakai baju ataupun celana, islam juga semenjak zaman dahulu sudah mengenalkan model yang terbaik yang sifatnya mengikat, yaitu dari zaman Nabi Muhammad saw. sehingga sekarang ini modelnya masih seperti itu dan harus di ikuti bagi seluruh umat islam di dunia ini.

Modis adalah suatu pergerakan bentuk baju atau celana yang terjadi pada saat itu atau pada waktu itu, biasanya orang akan selalu mengikuti perkembangan modis itu yang menjadi trend agar tidak di sebut ketinggalan zaman.

Dalam islam tidak ada larangan,boleh memakai model baju atau celana sesuai dengan perkembangan zaman atau modis, namun ada beberapa syarat yang tidak boleh di langgar, yaitu masalah ukuran panjang lengan baju dan ukuran panjang celana.

model baju dan celana menurut islam

Baca Juga: Cara Memilih Calon Suami atau Istri Yang paling Baik Menurut Islam

Model Baju

Ketika seseorang memakai baju kemungkinan besar yang di pakai adalah ada tiga jenis baju yaitu lengan pendek, tiga perempat, dan lengan panjang.

Tapi Rasulullah saw. Sangat menyukai memakai baju kemeja lengan panjang, sebagaimana telah di sebutkan dalam hadist sebagai berikut :

Artinya :
Dari Ummu Salamah ra. Berkata : “Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah saw. Adalah kemeja panjang” (Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi).

Adapun baju kemeja panjang yang paling di sukai Rasulullah saw. Baju kemeja yang seperti apakah itu ?

Sesuai dengan hadist Nabi saw. Ukuran baju lengan panjang yang baik adalah sebagai berikut :

Artinya :
Dari Asma’ binti Yazid Al-Ansyariah ra. Berkata : “Lengan kemeja Rasulullah saw. Adalah sampai pergelangan tangan”. (R.Abu Dawud dan At-Tarmudzi).

Nah, itulah model baju yang terbaik menurut islam adalah kemeja lengan panjang, tapi panjangnya itu sebatas pergelangan tangan.

Model Celana

Setelah membahas model baju, rasanya kurang elok apabila memakai baju tapi tidak memakai celana.
Lantas celana seperti apakah yang menurut islam paling bagus ?

Islam tidak melarang memakai model celana yang seperti apapun, asalkan masih dalam katagori celana dan mempunyai nilai kesopanan menurut adat dan etika, namun alangkah lebih baiknya celana yang anda pakai adalah celana yang di anjurkan oleh Rasulullah saw.

Berdasarkan hadist Nabi Muhammad saw. Celana yang baik adalah sebagai berikut :

Artinya :
Dari Ibnu Umar ra. Bahwasanya Nabi saw. Bersabda : “Barangsiapa yang menurunkan kainya di bawah mata kaki karena sombong maka pada hari kiamat nanti Allah tidak akan melihatnya”. Kemudian Abu Bakar ra. Berkata : “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kain saya selalu turun sampai bawah mata kaki kecuali kalau saya sangat berhati-hati”. Rasulullah saw. Bersabda kepadanya : “Sesungguhnya kamu tidaklah termasuk orang-orang yang berbuat semacam itu karena sombong”. (HR.Bukhari).

Sebetulnya dalam hadist tersebut subyeknya adalah celana yang melebihi mata kaki itu kurang baik, akan tetapi obyeknya adalah sombong, namun predikatnya adalah orang yang memakai celana dengan sengaja memanjangkan sampai melebihi kaki dengan sombong, itulah yang di maksud hadist tersebut, karena sebaliknya ketika celananya melebihi mata kaki namun bukan untuk menyombongkan diri, maka itu bukan termasuk orang yang sombong.

Lalu bagaimana ketika ada orang yang memakai celana yang kainya sebatas atas mata kaki karena untuk menyombongkan diri?

Jawabanya adalah sesuai dengan keterangan di atas yaitu sombongnya itu yang menjadi titik permasalahan.

Karena berdasarkan pengalaman saya, saya pernah melihat ada orang yang memakai kain sarung tinggi batas kainya itu antara lutut dan mata kaki, itu adalah sudah benar menurut apa yang di maksud dalam hadist tersebut, namun kembali lagi apabila orang yang memakainya tersebut karena sombong maka tetap saja mereka itu yang termasuk Allah tidak akan melihatnya pada hari kiamat nanti (jauh dari pertolongan Allah swt.).

Demikian artikel ini saya tulis, kesalahan datangnya dari saya dan saya mohon maaf, sedangkan yang paing benar adalah Allah dan Rasulnya.

Semoga artikel ini ada manfaatnya amin ya rabal’alamin.

Ini Model Baju Dan Ukuran Celana Panjang Menurut Islam | Topik Islam | 4.5

Leave a Reply