Kumpulan Hadits Shahih Keutamaan Wudhu

Topikislam.com – Sebagaimana anda ketahui bhwa wudhu adalah satu perbuatan yang di anjurkan dan di wajibkan bagi muslim yang akan mengerjakan shalat.

Adapun hukum wudhu adalah termasuk dari pada syarat sahnya shalat, adapun ganjaran pahala wudhu bisa mendapat pahala wajib juga bisa mendapat pahala sunah dan lain-lain, tergantung dari pada apa yang dikerjakan di depanya, misalnya mau shalat wajib maka wudhunyapun mendapat pahala wajib dan seterusnya.

Syariat wudhu sendiri di jelaskan di dalam Al-quraan dan di terangkan secara jelas detail, maka keterangan dalam Al-quraan inilah yang menjadi wajibnya sesorang ketik wudhu adalah membasuh muka, membasuh kedua tangan samapi siku, mengusap kepala, dan membasuh kaki sampai mata kaki, adapun selain itu sunah hukumnya.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-quraan yang menerangkan tentang wudhu sebagai berikut :

Artinya :
“wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu sekalian hendak mengerjakan shalat maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, usaplah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai dengan kedua mata kaki, jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari buang atau menyentuh perempuan kemudian kamu sekalian tidak mendapatkan air, maka bertayamumlah dengan debu yang suci yakni sapulah mukamu dan tanganmu dengan debu itu, Allah tidak hendak menyulitkan kamu sekalian tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatnya bagimu supaya kamu bersyukur” (QS.Al-Maidah 5 : 6).

Baca Juga: Polemik Bersentuhan Kulit Suami Istri, Apakah Membatalkan Wudhu?

Keutamaan wudhu

Dan di samping ada pahala wudhu bagi yang mengerjakanya juga ada keutamaan-keutamaan yang akan di dapat karena wudhu, misalnya bagian-bagian wudhu akan menjadi bersih dan suci karena debu atau kotoran yang menempel juga hilang,

Adapun keutamaan yang akan di dapat dari wudhu itu tersebut berdasarkan Hadist Nabi sebagai berikut :
Dari Abu Hurairah ra. Berkata : “saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan di panggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu, dan barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakanlah hal itu”. (Bukhari dan Muslim).

Menyempurnakan wudhu dengan sunah-sunahnya

Inilah keutamaanya :
Dari Abu Hurairah ra. Berkata : saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “perhiasan orang mukmin nanti (pada hari kiamat) akan sampai pada batas mana ia berwudhu”. (HR.Muslim).

Dari utsman bin Affan ra. Berkata : ‘Saya melihat Rasulullah saw. Berwudhu seperti wudhu saya ini, kemudian beliau bersabda : “barangsiapa yang wudhu seperti ini maka di ampunilah dosanya yang telah lalu, sedangkan shalat dan jalannya ke masjid itu merupakan tambahan pahala”. (Riwayat Muslim).

Setiap tetesan dari wudhu akan mengelurkan dosa-dosa

Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah saw. Bersabda : “apabila seorang hamba yang muslim atau mukmin itu berwudhu di mana sewaktu ia membasuh mukanya maka keluarlah semua dosa yang di lihat dengan kedua matanya dari mukanya bersama-sama dengan air itu atau bersama-sama dengan tetesan air yang terakhir, jika ia membasuh kedua tanganya maka kelurlah semua dosa yang di perbuat oleh kedua tanganya itu bersama-sama dengan air atau bersama-sama dengan air tetesan terakhir. Dan jika ia membasuh kedua kakinya maka keluarlah semua dosa yang di perbuat oleh kdua kakinya itu bersama-sama dengan air itu atau bersama-sama dengan tetesan air yang terakhir, sehingga ia benar-benar bersih dari dosa”.(Riwayat Muslim).

Dari Usman bin Affan ra. Berkata : Rasulullah saw. Bersabda : “barang siapa yang wudhu dan menyempurnakan wudhunya maka dosa-dosanya akan keluar sehingga keluar dari bawah kuku-kukunya”. (Riwayat Muslim).

Baca Juga: Air Musta’mal Yang di Takuti Apakah Sah Untuk Bersuci

Nabi Muhammad akan membimbing langsung masuk syurga

Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah saw. Datang ke kubur dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum daara qaumin mu’miniina wa innaa insya Allah bikum lahiquun, aku merasa senang sekali karena aku telah mengetahui saudara-saudaraku”. Para sahabat bertanya : “bukankah kami saudara tuanwahai Rasulullah ?” beliau menjawab : “kamu sekalian adalah sahabatku, adapun saudara-saudara kita adalah orang-orang yang belum datang”. Para sahabt bertanya : “bagaiman tuan mengetahui orang yang belum datang dari umat tuan wahai Rasulullah ?” beliau menjawab : “bagaimana pendapatmu seandainya ada seseorang mempunyai seekor kuda yang putih cemerlang berada di tengah-tengah kuda hitam yang pekat, apakah ia tidak mengetahui kudanya yang putih cemerlang itu ?” para sahabat berkata : “ia pasti mengetahu wahai Rasulullah”. Beliau bersabda : “sesungguhnya saudara-saudara kami itu akan datang dalam keadaan putih cemerlang karena wudhu dan aku yang akan membimbing mereka ke telaga”. (Riwayat Muslim).

Menanti shalat dari shalat yang lainya dengan wudhu

inilah keutamaanya :

Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah saw. Bersabda : “maukah kamu sekalian aku tunjukan sesuatu yang mana dengan sesuatu atu Allah akan menghapus dosa-dosamu dan dengan sesuatu itu pula Allah akan mengangkatnya beberapa derajat ?” para sahabat menjawab : “baiklah wahai Rasulullah” beliau bersabda :’yaitu menyempurnakan wudhu atas hal-hal yang tidak di sukai, memperbanyak langkah ke masjid =-masjid dan menantikan shalat sehabis shalat, maka itulah di namakan Ar-Ribath, (mengikatkan diri dalam ketaatan)”. (Riwayat Muslim).

Berdo’a setelah wudhu

Inilah keutamaanya :

Dari Abu Malik Al-Asya’ary ra. Berkata Rasulullah saw. Bersabda : “bersuci itu sebagian dari iman”. (Riwayat Muslim). Hadist ini di kutip dengan lengkap pada :”bab tentang sabar”.

Dari Umar bin Khathab ra. Dari Nabi saw. Beliau bersabda : “siapa saja diantara kamu sekalian yang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya kemudian mengucapkan : Asyhadu al laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh (aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah yang maha esa, yang tidak ada sekutu baginya, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanya). Maka dibukakan baginya delepan pintu syurga dan ia boleh masuk lewat pintu mana yang di sukainya”. (Riwayat Muslim).

Baca Juga: Ini Macam-macam Najis, Yang Belum Anda Tahu

Demikianlah kumpulan hadist yang menerangkan tentang keutamaan-keutamaanya, semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya, Amin ya rabal’alamin.

Kumpulan Hadits Shahih Keutamaan Wudhu | Topik Islam | 4.5

Leave a Reply